Mau Kirim Paket dari Indonesia ke Jepang? Begini Caranya

 


Kalau mau mengirimkan paket dari Indonesia ke Jepang, Anda bisa menggunakan layanan dari Cargo Jepang dot com ya. Cargo Jepang juga punya layanan kirim-kirim barang ke luar negeri. Nah, biayanya dihitung berdasarkan ukuran paket, entah itu panjang, lebar, tinggi, atau berat, tergantung yang lebih gede. Enaknya kirim paket ke Jepang lewat Cargo Jepang itu bisa pilih-pilih harga sesuai perkiraan waktu datangnya, dan kita juga bisa minta petugas jemputin barang di rumah.

Nah, jadi begini proses kirim-kirim paket dengan Cargo Jepang yang aku lakukan:

  1. Kumpulin barang yang mau dikirim, pastikan isinya cuma barang-barang pribadi, jangan yang komersial ya. Masukin ke dalam kardus atau kotak plastik, atau pake koper juga boleh. Tapi inget, koper jangan dikunci, nanti bakal diperiksa semuanya. Jadi koper kita lakban aja pake selotip bening.
  2. Isi formulir online di sini dan siapin fotokopi halaman pertama paspor, visa, sama kartu tinggal (residence card). Masukin semua itu ke dalam amplop dan tulis "SHOMEI" di luar amplopnya. Nah, di formulir ini juga kita diminta isi form booking kurir yang bakal jemput barang kita. Jadi jangan lupa diisi ya!
  3. Kemas paketnya dengan lakbanin semua bagian pake selotip bening. Jadi siapin aja minimal 1 roll selotip bening buat setiap kardus.
  4. Biaya kirim dihitung berdasarkan volume [cm3] x 0.117 JPY, dengan biaya minimum 7000 JPY. Ada tambahan biaya juga buat kirim ke luar pulau Jawa. Nah, untuk berat maksimum paket, tergantung sama kurir Sagawa yang bakal ambil dan anter paket ke gudang Cargo Jepang. Meskipun di situs web-nya Cargo Jepang bilang berat maksimal 20-30 kg, tapi pengalamanku, paketku jauh melebihi 30 kg. Mungkin waktu itu lagi beruntung, kurirnya kayaknya sebelas-dua belas sama Hercules. Hahaha.
  5. Kurir dateng jemput paket, kita diharuskan isi formulir chakubarai atau COD. Santai aja, yang bayar nanti pihak Cargo Jepang, kita gak kena biaya tambahan. Oh iya, kalau beruntung, kita bisa dapetin formulir yang udah diisi sama kurir, jadi tinggal serahkan paket aja.
  6. Setelah itu, pihak Cargo Jepang bakal kirim email konfirmasi kalau barang udah diterima dan diperiksa, lengkap dengan fotonya! Mereka juga kasih tau total biaya yang harus dibayar.
  7. Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer ke rekening yang ditunjuk.
  8. Tinggal tunggu barang sampe tujuan deh, enjoy!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mau Kirim Paket dari Indonesia ke Jepang? Begini Caranya"

Posting Komentar